Mudahnya Mengurus Pajak 5 Tahunan & Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor

IMG_20150912_111326

Kayaknya lama banget ya saya ga apdet blog? Padahal sebenarnya banyak banget yang pengin ditulis di sini, tapi karena kesibukan menggelinding sana-sini plus tidak sempat pegang leptop, jadilah blog ini suwung sementara waktu 😆 *langsung nyapu blog yang sudah mulai berdebu*

Ohiya, dalam postingan kali ini saya pengin cerita soal mudahnya mengurus pajak 5 tahunan dan ganti plat nomor kendaraan bermotor. Sebagai orang awam (dan hanya mengurus surat-surat ini 5 tahun sekali), saya lupa-lupa ingat bagaimana proses mengurus pajak 5 tahunan ini. Jadilah saya intip-intip info di Mbah Gugel sebelum berangkat ke Samsat.

Karena merasa terbantu banget dengan informasi yang bertebaran di internet, saya pun pengin nambah-nambahin info juga sekalian mengapresiasi kinerja SAMSAT TUBAN, siapa tahu ada yang terbantu dengan info tambahan ini 😀

Apa saja sih yang diperlukan untuk mengurus pajak 5 tahunan dan ganti plat nomor kendaraan bermotor?

  1. KTP (sesuai BPKB) – asli
  2. BKPB – asli
  3. STNK  – asli

Semua dokumen tersebut difotokopi rangkap 2, ya 🙂 Biasanya sudah disediakan kios fotokopi di lingkungan Samsat, dan dikenakan biaya Rp 2000,- untuk semua kopian dokumen ini.

IMG_20150912_111248

Bagaimana prosedur mengurus pajak 5 tahunan dan ganti plat nomor kendaraan bermotor?

  • CEK FISIK

Begitu masuk Samsat, langsung aja masuk antrian cek fisik (R2/R4 sesuai jenis kendaraan). Misal belum memfotokopi 3 dokumen tadi, tidak apa-apa. Langsung saja masuk antrian, karena pada tahap ini, kita hanya membutuhkan formulir cek fisik yang disediakan dan diisi oleh pegawai bagian cek fisik.

IMG_20150912_111243
Antrian cek fisik di Samsat Tuban

IMG_20150912_111255

IMG_20150912_111318
Cek nomor mesin
IMG_20150912_111312
Formulir yang sudah disediakan di bagian cek fisik

Setelah mendapat pengesahan formulir ini dari petugas bagian cek fisik, langsung saja parkir motor di area parkir yang disediakan di Samsat, karena setelah proses cek nomor rangka dan mesin, kehadiran motor kita sudah tidak diperluin lagi untuk proses mengurus pajak.

Loket Informasi dan Cek Fisik

Jika belum mempersiapkan fotokopi KTP, BPKB, dan STNK (rangkap 2), bisa fotokopi dulu, karena proses selanjutnya butuh kelengkapan dokumen-dokumen ini untuk pengisian formulir ke-2.

Sebelum menuju loket Cek Fisik (yang ada di bagian utara), kita harus menyerahkan ketiga dokumen tadi (asli dan fotokopi rangkap 2) dan formulir dari bagian cek fisik ke LOKET INFORMASI. Kelengkapan dokumen kita akan dicek dan disusun oleh petugas, kita akan diberikan stopmap, lalu disuruh ke bagian LOKET CEK FISIK yang berada di sebelahnya.

Pada bagian LOKET CEK FISIK, kita akan diberi formulir lagi untuk diisi. Sebaiknya sih kita sudah bawa pulpen dari rumah supaya tidak perlu antri.

Apa saja yang perlu diisikan di formulir itu? Kalau bingung cara ngisinya, gimana? Jangan khawatir, karena di SAMSAT TUBAN sudah disediakan contoh formulir yang sudah diisi. Kita tinggal menyontek sesuai dengan keterangan kendaraan kita.

IMG_20150912_111350

  • PENGECEKAN KELENGKAPAN DOKUMEN

Kalau formulir tadi diisi sendiri, bagaimana kalau ada yang salah atau kurang? Jangan khawatir, karena ada petugas SAMSAT yang akan membantu kita mengecek kelengkapan dan kesesuaian data kendaraan kita.

IMG_20150912_111404

Sampai tahap ini, kita tidak akan dikenakan biaya sama sekali, kecuali fotokopi dokumen Rp 2000,- tadi 😀

Setelah pengecekan dokumen ini selesai, kita akan diarahkan ke kantor utama yang berisi loket pembayaran di gedung utama SAMSAT. Oiya, sebelum masuk ke dalam ruangan, dokumen kita akan dicek sekali lagi oleh petugas yang berjaga di pintu masuk gedung utama.

IMG_20150912_111414

  • PENDAFTARAN

Setelah semua dokumen lengkap dan lolos pengecekan, kita akan memasukkan berkasnya ke loket pendaftaran (yang ada di bagian ujung utara deretan loket). Pada loket ini, kita akan melakukan pembayaran awal sebesar Rp 80.000,-

IMG_20150912_111234

  • PEMBAYARAN

Hanya memerlukan waktu beberapa menit menunggu proses di loket pendaftaran. Setelahnya kita akan dipanggil ke loket pembayaran, untuk melakukan proses pembayaran senilai jumlah yang  tertera di STNK.

IMG_20150912_111215

*** Sebenarnya, di loket ini juga dilakukan pengesahan STNK baru, tetapi kalau di SAMSAT TUBAN pengesahan dan pengambilan STNK (baru) dilakukan di petugas yang berada di sebelah loket pembayaran.

*** Kita tidak diberikan plastik baru untuk STNK yang baru. Heeemmm, kalau plastiknya sudah lecek gimana dong ya? Apa kita boleh minta ke petugasnya saat menerima STNK? *serius nanya*

  • PENGAMBILAN TANDA NOMOR KENDARAAN BERMOTOR (TNKB)

Begitu STNK baru diserahkan, kita akan diarahkan pada petugas yang  berada di bagian samping belakang gedung untuk mengambil plat nomor baru. Biasanya, ruangan ini berada terpisah dari ruangan loket. Di Tuban, ruang pengambilan TNKB berada di bagian samping belakang gedung, dekat dengan parkiran.

IMG_20150912_111240

Pada proses ini, kita cukup menyerahkan BKPB & STNK asli pada petugas dan langsung akan diproses pergantian plat nomornya. Kemarin, saya hanya perlu menunggu beberapa menit sampai plat nomor yang baru jadi dan bisa dibawa pulang.

***

Sampai saat ini, saya selalu senang dengan kinerja SAMSAT TUBAN. Menurut saya, semakin ke sini kinerja SAMSAT TUBAN semakin baik, para pegawainya juga informatif (bahkan sejak di parkiran), proses pengurusan dokumen juga cepat. Untuk mengurus pajak kendaraan 5 tahunan dan pergantian plat nomor kendaraan, saya hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam, padahal yang antri di hari yang sama juga lumayan banyak 😀

Btw, kalau kinerjanya bagus, kita sebagai masyarakat sipil boleh dong ya mengapresiasi *kedip2*

71 thoughts on “Mudahnya Mengurus Pajak 5 Tahunan & Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor

    1. Hhheeee ..
      Pengalamanku 2 x ganti plat, pasti langsung jadi di hari yang sama kih Lid.
      Kalau dulu, butuh waktu sejam lebih, tapi pas kemarin total waktunya ga sampe sejam. Masuk tes fisik jam 9 lebih sedikit, jam 10 kurang sudah ciao dari Samsat

  1. Wah keren Samsat Tuban!
    Saya belom pernah ngurusin ini sih. Paling bayar pajak doang. Hihihi.
    Kendaraan perbelom pernah lebih dari 5 tahun. 😛 Kemaren di samsat deket rumah, calo nawarin ngurusin bayar seratus rebuan apa ya, eh pas diurus sendiri cuman sehari dua jam udah beres. Untung gak tergoda calo. Hahaha..

    1. Nah! Itu dia Dan. Ternyata kalau diurus sendiri ternyata ga lama2 banget ya jadinya dan prosesnya juga ga ribet.
      Eh, yang 2 jam itu ngurus pajak tahunan ya?

    1. iyaaa ^_^
      Kalau di Tuban, selain papan petunjuk informasinya yang jelas, pegawai2nya juga informatif ke masyarakat. Jadi pas saya bingung, tinggal nanya ke petugas terdekat, langsung dibantu jelasin prosedurnya

    1. Aamiin aamiin aammiin … Semoga sama mudahnya ya Yan, biar ga kayak Alid & Mbak Olen yang nunggu sampai 6 bulan buat plat nomor baru

  2. Saya itu termasuk sering lupa kalau soal urusan ginian. Baru inget pas diingetin orang tua, dan sudah molor hampir setahun saking gak nyadarnya ahahaha.

    1. LHO KOK KITA SAMAAN QI?
      Aku juga sering telat. Kalau ga diingetin orang tua, ya ga bakalan ngecek tanggal di STNK. Tapi molorku ga sampe setahun sih hihihihihihi

  3. jadi inget 2 bulan lagi perpanjangan pajak..siapkan surat surat nih..apalagi akhir oktober dan awal nov lagi gencar-gencarnya operasi zebra 🙂

    1. Kalau perpanjangan SIM pasti ada bukti pembayarannya mas, kan kita bayarnya di loket bank yang ada di sana. Kalau untuk pajak tahunan STNK, biasanya bukti pembayaran sudah langsung di print buat kelengkapan STNK

  4. Saya pernah ngurusin pajak 5 th n ganti plat nomor. Tapi setelah selesai yg dikasih hanya 1 muka STNK, 1 mulanya lagi nanti 3 bln berikut,setelah 3 bln disuruh lagi 3 bln berikutnta untuk pengambilan plat nomor. Apa semua termasuk prosedur pembuatan pajak STNK 5 tahun?????

    1. Seharusnya sih sehari bisa langsung beres semua seperti yang saya tulis di postingan ini. Tapi sepertinya tiap kantor samsat beda kondisi. Bisa jadi karena kehabisan bahan untuk dicetak atau juga khabisan plat.
      Untuk samsat Tuban, alhamdulillah sehari bs langsung jadi

    1. Seharusnya bisa.
      Tetapi jadinya mengurus di dua kantor samsat.
      Pertama, di kantor SAMSAT untuk cek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan (serta ada bbrp berkas pendukung). Lalu berkas dibawa ke kantor SAMSAT tempat kendaraan akan diperpanjang pajaknya.

    1. Karena prosedurnya identitas yang digunakan (KTP) harus sama dengan BKPB, sebaiknya meminjam KTP pemilik motor sebelumnya, yang sesuai dengan BPKB motor.

      Untuk lebih mudahnya, lebih baik memproses pengalihan kepemilikan kendaraan. Biasa disebut balik nama. Supaya nanti lebih mudah saat mengurus pajak motornya.
      Untuk Balik Nama ini tetap butuh KTP yang sesuai BPKB, tetapi setelah itu BPKB bisa atas nama anda

    1. bisa diusahakan untuk alih nama kepemilikan (Balik Nama) dengan meminjam KTP pemilik sebelumnya yg sesuai dgn STNK dan BPKB, supaya nanti mengurus pajak motornya lebih mudah

  5. Mbak,sya td ngurus yg d mksud d samsat,
    Tp slsai ny koq jauh hari ya
    Dsruh nya hr jumat jmput stnk bpkb n srat pjak ,skalian plat nomor ny
    Ap emng sep itu ya mbak ?

    1. Kalau boleh tahu ngurusnya di Samsat mana mas Patra?

      Standarnya semua sudah bisa selesai dalam sehari. Malahan pengalaman saya, selesai dalam waktu satu jam

  6. Mau tanya kalo mau bayar pajak selama 6th berapa sama denda keterlambatan dan sekalian mau ganti plat juga udah telat 1th platnya, motor saya honda cb 100 k2/glatik
    Mohon infonya kira2 total biaya yg harus saya keluarkan kira2 habis berapa kalo di urus sendiri atau tidak melalui calo.
    Danke

  7. selamat siang mbak, mau tanya boleh yaa.. maklum baru pertamakali mau ngurus ganti plat 5 tahunan nih, jadi blum berpengalaman.. mohon pencerahannya dong.. bgini mbak, saya kemarin tanya – tanya ke orang bakul motor bekas. trus mereka bilang tuh kalo ngurus penggantian plat nomor skaligus pajak kendaraannya itu biayanya sekitar 800ribu yaa.. waooww, mahaal amattt.. saya jadi mundur nih mau ngurus ganti plat T_T …barangkali mereka (bakul motor bekas) salah yaa kasih info?

    mohon pencerahannya, trima kasih

    1. Itu mahal sekali mas.
      UNtuk rincian biaya, bisa dilihat di postingan ini. Nah, untuk besarnya pajak, bisa mas Zaki lihat di STNK yg sudah ada sekarang.

  8. Bener2 sangat membantu..
    Makasih buat info nya yaaa.. tadi sempet bingung tanya temen sana sini ehh ketemu blog ini deh hehheee

  9. Kalo pengalaman saya mengecewakan gan….saya tinggal di banjarmasin…
    Rencananya mo ngurus pajak 5 tahun/plat nomor…waktu nyampe di samsat saya langsung menuju ke loket cek fisik…setelah nyampe saya lngsung ngomong ke petugasnya..”mo cek fisik.
    Ptugasnya jawab..”keperluannya apa…
    Saya jawab”ngidupin pajak 5 tahun.
    Trus dia ngomong”berkasnya mana.
    Saya kasih berkas yg sudah di fotocopy.
    Dia cek trus dia ngomong”oh…ini stnk sama ktp gak sama datanya..ktp empunya asal ada nggak…dia tanya.
    Saya jawab”gak ada mas..udah dicariin gak ketemu(motor saya beli bekas keluaran 2001).
    Trus dia ngomong”mau dicari dulu ato mo dibantu…(hati saya udah gak enak).
    Kalo dibantu emang brapa duit tanya saya…
    Terus dia ngitung lalu ngomong”lima ratus lima puluh tujuh ribu…(pajak tahunan motor saya 157.000)
    Anjrittt…!!!!(saya nyumpah dalam hati)
    Trus saya bilang aja bahwa saya gak jadi ngidupin stnk…
    Eh dia masih sempat ngomong sebelum saya pulang “kalo balik nama lebih mahal lagi lo mas…
    Emang gue pikirin umpat saya dalam hati sambil ngeloyor pergi….nah itulah pengalaman saya dengan mafia pajak banjarmasin.

  10. Saya mau tanya,, bayar ganti plat nomor sama denda 1 tahun saya dimminta bayar hampir 500 ribu,, apa murah atau kemahalan segitu?terima kasih

  11. saya mau nanya kalo ganti no. plat motor gimana ya caranya ?
    misalkan plat motor saya B trus mau di ganti ke plat no.bandung D ..caranya gimana ya ?

  12. Tolong di jawab ya gan/sis, motor saya nouvo z taun 2006, mau perpanjang pajak telat 2 taun, sama ganti plat, di stnk pajak pertaun 225rb x 2 taun telat, dendanya berapa ya? Sama abis uang brapa? Ktp asli pemilik sebelumnya juga ga ada, katanya bisa nembak ktp 100rb, sampe 1jt apa lebih ya? Mohon dijawab ya gan/sis..

  13. Kalo misal nya saya beli motor plat nya E terus mau ganti plat nomor jadi D itu gimana?? Dokumen dokumen yg asli nya harus di bawa juga atau boleh fotocopy nya doang??

  14. Saya mau tanya bang, kalau plat B surat lengkap tapi mati terus itu ada di kediri/AG kira² gimana ya bang kalo ganti plat? masa harus minta ktp asli tangan pertama? Terimakasih bang

  15. mau tanya, berapa beaya yg harus kami bayar utk perpanjangan pajak dan ganti plat nomor, nomor plat kamim 3 angka dan ada huruf belakang, ktp masih an.orang lain,status belum lunas/ proses leasing. bagaimana ya,
    trm ksh.

  16. Kalo plat mati setahun terus mau ngurus yang baru kenak denda brp ya, dan juga stnk telat 3th. Kira2 biaya yang di butuhkan brp, tolong kasih infonnya ya.

Leave a Reply